KALEIDOSKOP 2015 : Ada  24.422 Pengguna Jalan di Pati Ditilang Polisi Selama 2015

Puluhan kendaraan terjaring operasi gabungan di Jalan Lingkar Conge, Juwana, Oktober 2015 lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Puluhan kendaraan terjaring operasi gabungan di Jalan Lingkar Conge, Juwana, Oktober 2015 lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Pengguna jalan di wilayah Kabupaten Pati selama tahun 2015 ternyata banyak yang tidak mematuhi aturan dan melanggar lalu lintas. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pelanggaran lalu lintas selama setahun.

Dari informasi yang dihimpun MuriaNewsCom dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati, Kamis (31/12/2015), sedikitnya ada 24.422 lembar bukti pelanggaran dari berbagai operasi yang digelar kepolisian.

Tak hanya bukti pelanggaran, polisi juga memberikan teguran kepada pengguna jalan sebanyak 23.451 lembar. “Total pelanggaran lalu lintas ada 47.873 lembar. Tilang sebanyak 24.422 lembar dan teguran 23.451 lembar,” kata Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho.

Ia mengatakan, sebagian besar pengguna jalan yang dikenakan tilang disebabkan tidak membawa surat-surat kelengkapan berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK).

“Beberapa di antaranya, karena tidak mengenakan helm sebagai bagian dari kelengkapan keselamatan lalu lintas. Kami imbau kepada masyarakat untuk membawa surat-surat kendaraan, helm, sabuk keselamatan, dan hati-hati dalam berkendara agar tidak terjadi kecelakaan,” tukasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)