Listrik Tak Nyala Sebulan Lebih, Warga Gantian Gunakan Genset

Salah seorang petugas PLTD sedang mengecek komponen sumber listrik di Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Salah seorang petugas PLTD sedang mengecek komponen sumber listrik di Karimunjawa. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Sebulan lebih warga yang tinggal di wilayah Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa tak dapat menikmati barang-barang elektronik yang menggunakan energi listrik. Pasalnya, mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang berada di dukuh Telaga, Desa setempat mengalami kerusakan. Praktis, selama itu pula mereka hanya bisa mengandalkan segelintir genset yang digunakan secara bergantian dari rumah ke rumah warga lainnya.

Salah seorang warga setempat, Yarhan mengatakan, sejak sebulan lebih lalu warga di wilayah tempat tinggalnya tersebut tidak dapat menikmati listrik. Sehingga semua kebutuhan hidup yang ada kaitannya dengan listrik, tidak bisa digunakan.

”Ada segelintir orang yang punya genset, kemudian dipinjam warga lainnya hanya untuk menaikkan air. Jadi genset itu digunakan secara bergantian,” katanya.

Hal itu dibenarkan oleh pengelola PLTD wilayah Karimunjawa, Sholeh. Menurut Sholeh, sejak sebulan lebih PLTD di wilayah Desa Kemujan tersebut tidak dapat digunakan karena ada kerusakan pada mesin. Akibatnya, sejumlah kepala keluarga yang ada di sana tidak dapat menikmati aliran listrik.

”Ya, mereka disana hanya menggunakan genset seadanya,” kata Sholeh saat dihubungi MuriaNewsCom, Selasa (29/12/2015).

Menurutnya, karena ini sudah mendekati penghujung tahun 2015, warga harus menunggu sampai awal tahun 2016. Sebab, per 1 Januari 2016 nanti masalah listrik di wilayah Karimunjawa diambil alih oleh PLN.

”Kami sudah sampaikan kepada Indonesia Power atau pun PLN tentang masalah listrik ini. Jadi harapannya di awal Januari nanti PLN bisa memperbaiki kerusakan mesin tersebut. Januari 2016 nanti, masalah listrik sudah diambilalih oleh PLN,” kata Tahsin. (WAHYU KZ/TITIS W)