Kasihan, Sebulan Lebih Kemojan Karimunjawa Tak Berlistrik

Warga berada di gedung PLTD Unit Karimunjawa, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Warga berada di gedung PLTD Unit Karimunjawa, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Persoalan listrik di wilayah Kecamatan Karimunjawa kembali bermasalah. Tak hanya soal durasi menyala yang minim, kini di wilayah Desa Kemujan, mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) rusak. Kerusakan terjadi sejak sebulan lalu, dan akibatnya masyarakat tak dapat menikmati listrik.

Hal itu dibenarkan oleh Pengelola PLTD wilayah Karimunjawa, Sholeh. Menurutnya, kerusakan terjadi pada mesin yang ada di Dukuh Telaga, Desa Kemujan. Akibatnya ratusan kepala keluarga tak dapat menikmati listri sejak sebulan lalu.

“Kerusakan pada bagian mesin, sehingga semua sistem tidak dapat digunakan,” ujar Sholeh saat dihubungi MuriaNewsCom, Selasa (29/12/2015).

Pihaknya sudah angkat tangan untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Sehingga terpaksa sejak sebulan lalu kebutuhan listrik di wilayah yang terdampak tidak dapat terpenuhi.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Karimunjawa Muh Tahsin. Menurut Tahsin, wilayah yang terparah untuk persoalan listrik di Kecamatan Karimunjawa, salah satunya memang di wilayah Desa Kemujan terutama di Dukuh Telaga dan sekitarnya.

“Untuk itu kami sudah sampaikan kepada pihak PLN dalam hal ini Indonesia Power yang nantinya akan mengambil alih masalah listrik di Karimunjawa, agar mereka tahu mana saja yang memang harus ditangani secara serius,” ungkap Tahsin.

Dia menambahkan, sebelumnya di wilayah tersebut memang kerap terjadi kerusakan pada sistem jaringan listrik. Akibatnya, listrik kerap byar pet. Dan saat ini adalah puncak dari kerusakan tersebut, lantaran nantinya akan segera diambil alih oleh PLN.

“Sesuai jadwal, per 1 Januari 2016 nanti, masalah listrik sudah diambil alih oleh PLN,” kata Tahsin. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)