Abaikan Calo! Yuk Urus Sendiri Sertifikat Tanah ke BPN Pati

Ilustrasi

Ilustrasi Sertifikat

 

PATI – Kepala Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Kabupaten Pati Sudjarno mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus permohonan sertifikat tanahnya sendiri dengan mendatangi langsung Kantor BPN. Hal itu diharapkan bisa menghindari terjadinya penyimpangan proses sertifikasi tanah.

“Prosedurnya mudah kok. Kami menjamin prosesnya mudah dan transparan. Kami mengimbau untuk mengurus sendiri, biar tidak ada oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan warga untuk keuntungan pribadi yang tidak dibenarkan secara hukum,” kata Sudjarno kepada MuriaNewsCom, Jumat (25/12/2015).

Ia juga memastikan, pengurusan sertifikat tanah tidak sampai memakan waktu hingga bertahun-tahun. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan sudah disebutkan terkait dengan jangka waktu penyelesaian pengurusan sertifikat tanah.

“Itu sudah dijelaskan Undang-Undang. Tapi, antara satu layanan berbeda dengan layanan yang lainnya. Misalnya, cek sertifikat tanah hanya satu hari, balik nama lima hari, dan paling lama adalah pengurusan pengakuan hak yang memakan waktu hingga 98 hari,” imbuhnya.

Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak segan mengurus sertifikat tanah sendiri di Kantor BPN. Jika masih bingung, kata dia, tanya saja petugas yang ada di sana. “Tak ada namanya pengurusan sertifikat kok memakan waktu bertahun-tahun. Tidak ada itu,” tukasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)