Kudus Butuh Pasar Ikan Hias

Banyaknya pembudidaya ikan hias di Kudus membuat dinas terkait berinisiatif bangun pasar khusus ikan hias. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Banyaknya pembudidaya ikan hias di Kudus membuat dinas terkait berinisiatif bangun pasar khusus ikan hias. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Semakin berkembangnya usaha ikan hias, membutuhkan wadah yang lebih besar untuk memasarkan. Untuk itu, dibutuhkan pembuatan pasar khusus ikan hias yang menampung para pedagang.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kudus Fajar Nugroho. Menurutnya, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan tengah menggagas pembangunan pasar ikan hias menyusul pertumbuhan pembudidaya ikan hias di daerah Kudus semakin pesat.

”Kesulitannya mereka itu lebih dalam memasarkan ikan hias di tingkat lokal, jadi butuh penanganan dari pemerintah secara langsung,” katanya.

Menurutnya, beberapa pembudidaya ikan hias sudah berhasil menjual ikan hiasnya hingga ke Yogyakarta. Hanya saja, agar semakin dikenal, termasuk masyarakat lokal perlu disediakan pasar khusus untuk memasarkannya.

Namun, kewenangan untuk membangun pasar berada pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus. Saat ini, jumlah pembudidaya ikan hias di Kudus mencapai 27 pembudidaya ikan hias.
”Mereka juga sudah dibentuk paguyuban karena Dinas Pertanian juga membantu mengajari mereka cara membuat pakan ikan mandiri,” ujarnya. (FAISOL HADI/TITIS W)