BPS Blora Bersiap Laksanakan Sensus Ekonomi 2016

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di ruang pertemuan Setda Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 di ruang pertemuan Setda Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Sehubungan diselenggarakannya Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) pada Mei tahun mendatang, Badan Pusat Statistik Blora menggelar sosialisasi di ruang rapat setda Blora pada Kamis (17/12/2015).

Acara tersebut dibuka oleh Samga Utama selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora mewakili Pj Bupati Blora yang tidak bisa hadir dalam sosialisasi, ia mengungkapkan Sensus Ekonomi nantinya menjadi tolok ukur perencanaan juga bisa diketahui karakteristik ekonomi. ”Dengan sensus ekonomi kita ketahui karakteristik ekonomi,” tutur Samga Utama.

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), ia mengungkapkan Indonesia hanya siap dalam bidang pariwisata dan teknologi informasi. ”Selain pariwisata dan teknologi informasi masih ada yang perlu kita persiapkan dengan matang,” tuturnya.

Tujuan sensus ekonomi yakni, mengumpulkan data dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan, kecuali pertanian. ”Nantinya sembilan belas sektor yang akan didata, kecuali pertanian,” imbuhnya. (RIFQI GOZALI/TITIS W)