Wajib e-KTP Jepara Sisakan 55 Ribu Saja

PHTO0013.JPG

Proses perekaman e-KTP di kantor Dindukcapil Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Sejak diberlakukannya e-KTP oleh pemerintah pusat, sampai saat ini proses pembuatan e-KTP terus berlangsung. Dari sekitar 810 ribu warga wajib e-KTP, yang memegang e-KTP dari hari ke hari meningkat, dan saat ini sudah mencapai 755 ribu warga. Praktis, tinggal menyisakan sekitar 55 ribu warga yang belum memiliki e-KTP.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Jepara Sri Alim. Menurutnya, proses pembuatan e-KTP sudah lancar. Bahkan dengan tambahan alat pencetak memudahkan petugas untuk melancarkan proses pencetakan.

”Sebelumnya kami hanya punya dua printer untuk mencetak dari pemerintah pusat. Saat ini kami sudah menambah tiga printer dari dana APBD. Sehingga sudah ada lima printer untuk memperlancar proses pencetakan e-KTP,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, sisa 55 ribu warga yang belum menerima e-KTP dimungkinkan adanya beberapa faktor. Dari hasil analisanya, yang belum memegang e-KTP mayoritas adalah warga yang sudah berusia tua sehingga tidak mampu atau tidak berminat untuk melakukan perekaman.

”Mungkin juga karena mereka ada yang tinggal di luar kota sehingga tidak sempat untuk mengurus e-KTP. Hal ini tentu disayangkan karena kami juga siap untuk jemput bola ke lapangan untuk melakukan perekaman e-KTP,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada semua warga yang belum memegang e-KTP baik yang sudah perekaman maupun yang belum, untuk segera mengurus. (WAHYU KZ/TITIS W)