Video – Ribuan Warga Jepara Akhirnya Bisa Tukarkan Surat Keterangan dengan e-KTP

PHTO0010.JPG

Sri Alim, Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Sekitar 30 ribu warga Jepara sempat hanya mendapatkan surat keterangan identitas kependudukan, karena berbagai kendala dalam proses pembuatan e-KTP. Namun, saat ini dipastikan tinggal tujuh ribuan warga yang belum menerima e-KTP. Selebihnya dipastikan sudah menerima e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Jepara Sri Alim menjelaskan, pihaknya mengganti sekitar 23 ribu warga yang sebelumnya hanya menggunakan surat keterangan kependudukan, dengan e-KTP.

”Sebelumnya kami hanya memberikan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP untuk sementara. Tapi sekarang sudah kami ganti dengan e-KTP karena proses pencetakan sudah normal,” ujar Sri Alim kepada MuriaNewsCom, Rabu (16/12/2015).

Menurutnya, pihaknya mengakui masih ada tujuh ribuan warga yang belum menerima e-KTP karena mereka belum mengurus pergantian ke e-KTP. Dimungkinkan, bagi yang belum mengurus pergantian dari surat keterangan ke e-KTP dilatarbelakangi berbagai hal.

”Mungkin mereka masih belum ada waktu, atau mungkin sedang di luar kota. Kami sudah sosialisasikan mengenai hal ini, jika yang memegang surat keterangan kependudukan sudah bisa ditukarkan dengan e-KTP,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk semua warga yang melakukan perekaman e-KTP, dipastikan e-KTP telah jadi. Pihaknya juga mengaku mendistribusikan e-KTP yang jadi ke tingkat kecamatan masing-masing. (WAHYU KZ/TITIS W)