Akhirnya, Dana Desa Tahap Ketiga Sudah Masuk Kas Daerah Grobogan

Sanyoto, Kepala Bapermas Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sanyoto, Kepala Bapermas Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Terkatung-katungnya proses pencairan dana desa tahap ketiga akhirnya berakhir. Ini, menyusul sudah masuknya alokasi dana desa tahap ketiga dari pusat ke rekening kas daerah Grobogan. Dengan kondisi ini, maka proses pencairan dana ke desa tinggal menunggu hitungan hari saja.

Kepala DPPKAD Grobogan Moh Sumarsono ketika diminta tanggapannya membenarkan, jika dana desa tahap ketiga sudah masuk ke kas daerah. Namun, sesuai prosedur, sebelum disalurkan ke rekening desa, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Grobogan terlebih dahulu.

”Memang benar jika dana desa tahap ketiga ini sudah masuk kas daerah. Setelah rekomendasi dari Bapermas turun, dana ini langsung kita transfer ke desa-desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto menyatakan, hingga saat ini dari 273 desa, sudah lebih dari 90 persen yang mengajukan pencairan dana desa tahap ketiga tersebut. Semula, jadwal pencairan ini dilakukan awal Desember lalu. Namun, akhirnya mundur hingga pekan ketiga.

Dijelaskan, pencairan dana desa itu nanti langsung masuk ke rekening desa. Meski demikian, pihaknya meyeleksi terlebih dahulu desa-desa yang bisa mencairkan dana tahap ketiga. Salah satu syaratnya, desa tersebut sudah melaksanakan kegiatan dan menyelesaikan laporan penggunaan dana desa tahap pertama dan kedua.

”Dananya nanti langsung ditransfer ke rekening desa. Bagi desa yang sudah melaksanakan kegiatan tahap pertama dan kedua, langsung kita cairkan dana desa tahap ketiga. Dalam satu atau dua hari ini, kita upayakan sudah mulai menyalurkan dana tahap ketiga,” jelas mantan Camat Gubug itu.

Dikatakan Sanyoto, besarnya dana desa yang diterima 273 desa itu nilainya bervariasi. Paling sedikit Rp 275 juta lebih dan nominal dana desa tertinggi yang disalurkan sebesar Rp 335 juta lebih.

Proses pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua masing-masing 40 persen dan 20 persen lagi cair pada tahap ketiga. Dana desa yang cair langsung ditransfer ke rekening desa masing-masing. Pada proses pencairan dana desa tahap pertama dan kedua berjalan lancar tidak ada kendala. (DANI AGUS/TITIS W)