Ini Cara Membuat Pestisida Pengusir Hama dari Kentang

Sejumlah petugas dari Lab PHPT Pati memotong kentang untuk dijadikan pestisida alami. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah petugas dari Lab PHPT Pati memotong kentang untuk dijadikan pestisida alami. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Selain dijadikan bahan dasar pembuatan keripik yang dikenal seantero dunia, kentang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pestisida pengusir hama secara alami.

Penganalisis Diagnosis Organisme Pengganggu Tumbuhan Lab PHPT Pati Tri Adji kepada MuriaNewsCom, Kamis (10/12/2015) mengatakan, sari kentang yang dicampur gula melalui proses tertentu bisa menghasilkan semacam mikroba yang efektif membunuh berbagai macam hama pertanian.

”Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah, yaitu kentang dan gula. Kentang dipotong-potong biasa seperti kalau mau membuat sambal goreng. Selanjutnya direbus hingga sepuluh menit. Air rebusan itu diambil dan direbus lagi dengan gula. Setelah dingin dimasukkan ke sebuah alat fermentasi,” tuturnya.

Ia mengatakan, hasil fermentasi harus ditampung dalam galon sehingga tidak terkontaminasi dengan bakteri atau jamur. ”Jangan gunakan ember, karena bisa terkontaminasi. Kalau mau tanya lebih lanjut soal alatnya, bisa datang ke Laboratorium PHPT Pati,” imbuhnya.

Dilihat dari aspek biaya, pemanfaatan pestisida dari kentang bisa lebih murah ketimbang pestisida kimia. Jika pestisida kimia dibanderol paling murah Rp 25 ribu per liter, pestisida dari kentang hanya menelan biaya Rp 10 ribu per liter.

”Tak hanya murah, tetapi juga ramah lingkungan dan hasil pertanian yang dipanen bisa organik, bebas residu kimia. Kentangnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan,” pungkasnya. (LISMANTO/TITIS W)

Satu gagasan untuk “Ini Cara Membuat Pestisida Pengusir Hama dari Kentang

  1. Ping-balik: Ini Cara Membuat Pestisida Pengusir Hama dari Kentang | Muria News

Komentar ditutup.