Ingin Hidup Sehat, Warga Pati Ini Olah Kentang Jadi Pestisida

Sejumlah warga Pati diajari membuat pestisida alami dari pemanfaatan kentang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah warga Pati diajari membuat pestisida alami dari pemanfaatan kentang. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Warga Pati yang tergabung dalam komunitas lingkungan dan organik seperti Gagego Organik, Kader Peduli Lingkungan Hidup, dan Taman Belajar Organik diajari membuat pestisida alami yang memanfaatkan bahan dasar kentang di Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Tumbuhan (PHPT) Wilayah Pati, Kamis (10/12/2015).

Pelatihan itu diharapkan bisa membekali pegiat organik untuk menggunakan pestisida pengusir hama secara alami, dengan memanfaatkan hasil sumber daya alam (SDA) yang melimpah di lingkungan pertanian.

”Selama ini, petani masih banyak menggunakan pestisida dari bahan kimia. Padahal, hasil pertanian seperti kentang juga bisa digunakan untuk membasmi hama,” ujar Tri Adji, Penganalisis Diagnosis Organisme Pengganggu Tumbuhan Lab PHPT Pati kepada MuriaNewsCom.

Sementara itu, Muslikun, Pendiri Taman Belajar Organik (TBO) yang menjadi peserta mengaku senang dengan adanya pelatihan itu. ”Kita bisa memanfaatkan pestisida ramah lingkungan, organik, dan bebas bahan kimia. Meski ini bukan temuan baru, tetapi bisa dicoba oleh masyarakat luas,” tuturnya.

Ia menambahkan, penggunaan pestisida dan pupuk alami tidak meninggalkan residu pada hasil pertanian seperti padi. Karena itu, kampanye organik perlu digalakkan untuk mengawal hidup sehat melalui hasil pertanian yang bebas bahan kimia. (LISMANTO/TITIS W)