PILKADA GROBOGAN : Parah! Surat Suara Dinomori, Coblosan Pemilih Jadi Ketahuan Deh…

Surat suara yang ditandai nomor urutan (Dok Pengawas TPS 10 Desa Sindurejo)

Surat suara yang ditandai nomor urutan (Dok Pengawas TPS 10 Desa Sindurejo)

 

GROBOGAN – Masalah terjadi di TPS 10 Desa Sindurejo, Kecamatan Toroh. Hal ini menyusul adanya penandaan berupa nomor urut pada surat suara yang dilakukan Ketua KPPS Edi Yulianto.

Jumlah surat suara yang ditandai ada 107 lembar. Sementara dari 313 pemilih yang terdaftar ada 218 yang menggunakan hak pilihnya.

Adanya tanda nomor itu sempat menimbulkan kekhawatiran dari beberapa pihak. Yakni, ada kemungkinan surat suara itu akan dinyatakan tidak sah lantaran ada tanda nomor tersebut.

“Terus terang saya tidak punya maksud apapun dengan mengasih nomor pada surat suara tersebut. Tujuannya supaya membantu mempercepat penghitungan surat suara terpakai saja. Saya baru sekali ini jadi KPPS,” kata Ketua KPPS 10 Edi Yulianto saat diminta keterangannya oleh Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif yang meluncur di lokasi bersama Komisioner Sakta Abaway Sakan.

Afrosin selanjutnya meminta agar surat suara yang ada nomornya itu tetap dihitung. Hal itu dilakukan setelah dari saksi dan pengawas tidak keberatan jika 107 surat suara itu ikut dihitung.

“Jadi 107 surat suara yang sempat ditandai dengan nomor tetap ikut dihitung. Untuk penentuan sah dan tidaknya disesuaikan dengan aturan yang berlaku. Dan, untuk menghindari kecurigaan maka Ketua KPPS nya tidak boleh membantu proses penghitungan suara,”tegasnya.

Selain dari KPU dan Panwaslu, persoalan yang muncul di Sindurejo ini juga mendapat perhatian serius dari pihak kepolisian. Hal ini terlihat dengan datangnya belasan petugas keamanan ke lokasi dipimpin langsung Wakapolres Grobogan Kompol Didik Priyo Sambodo.

Sementara itu, anggota Panwaslu Grobogan Hartono ketika dimintai komentarnya menyatakan, pihaknya akan mengkaji dulu persoalan yang ada di TPS 10 Desa Sindurejo tersebut.

“Kita masih punya waktu dua hari untuk memperlajari persoalan ini. Nanti hasilnya akan kita sampaikan,” katanya. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)