TPS Pilkada Grobogan Jika Nanti Diguyur Hujan, KPU Akan Siapkan Trik Ampuh

TPS jika Dihujani FOTO (e)

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif menyampaikan paparan kesiapan pelaksanaan Pilkada dalam Rakor Terpadu Bidang Politik dan Keamanan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

GROBOGAN – Seruan Bupati Grobogan Bambang Pudjiono agar KPU mengantisipasi cuaca tampaknya cukup beralasan. Karena dalam penyelenggaraan Pilkada, Rabu 9 Desember mendatang ada banyak TPS yang ditempatkan di ruangan terbuka.

“Jumlah TPS keseluruhan ada 2.338 titik. Dari jumlah ini, ada 35 TPS yang ada di area terbuka. Yakni, di halaman rumah, kantor, balai desa dan halaman sekolah,” kata Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif dalam Rakor Terpadu Bidang Politik dan Keamanan jelang pelaksanaan Pilkada yang dilangsungkan di Pendopo Kabupaten, Senin (7/12/2015).

Afrosin menjelaskan, sebagian besar TPS untuk pilkada nanti ditempatkan di rumah penduduk atau lahan milik pribadi. Totalnya mencapai 1.181 TPS atau 50,5 %. Kemudian, 1.122 TPS atau 48 %, berada di gedung pemerintah. Seperti rumah dinas, kantor, balai desa, aula kantor, dan GOR. Sedangkan sisanya sebanyak 35 TPS atau 1,5 % ada di area terbuka.

Menurutnya, sebagian panitia ada yang sudah mulai mempersiapkan TPS. Namun, sebagian lainnya akan mendirikan TPS Selasa siang (8/12/2015) khususnya yang ditempatkan di sekolah. Sebab, pagi harinya sekolah tersebut masih dipakai untuk ujian siswa.

”Besok sore, masalah TPS kemungkinan sudah clear semua. Untuk TPS di area terbuka, jika ada kendala cuaca akan kita geser ke lokasi aman terdekat,” jelasnya. (DANI AGUS/AKROM HAZAMI)