SMA dan SMK Negeri di Kudus Bakal Dikelola Provinsi

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kudus Joko Susilo (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kudus Joko Susilo (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Kudus siap melakukan transisi pengalihan dan kewenangan, dari Pemerintah Kabupaten Kudus menjadi Provinsi Jawa Tengah. Pengalihan kewenangan ini, bakal dilakukan secara serentak pada 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kudus Joko Susilo mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan dengan stake holder, memastikan kalau mulai awal 2017 semua sekolah tingkat SMA bakal dikelola Provinsi.

“Dari pembahasan terkahir kemarin dengan provinsi, yang diambil ke provinsi hanya sekolah negeri saja. Jadi untuk di Kudus, nanti ada sembilan SMA Negeri dan tiga SMK Negeri bakal dikelola provinsi pada 2017 mendatang,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, dalam pembahasan itu, verifikasi untuk sekolah akan dilaksankan pada Maret 2016. Kemudian, penyerahan aset dari kabupaten ke provinsi akan dilakukan pada Oktober 2017 mendatang.

“Penyerahan aset yang dilaksanakan, merupakan semua aset milik kabupaten yang terdapat di sekolah. Sehingga untuk ke depan, semua pengelolaan langsung dari provinsi,” imbuhnya.

Meski pengelolaan dan aset nantinya bakal bakal dikelola provinsi, namun tahun 2016 nanti, masih tetap akan ada pembenahan berupa rehab untuk gedung sekolah. Hal itu dilakukan, lantaran pemkab tidak mau ada kesalahan pendidikan selama 2016.

“Kalau tidak dibenahi, kalau ada atap yang roboh atau bangunan yang rusak bagaimana? Soalnya selama 2016 masih dikelola Pemkab Kudus,” imbuhnya.

Pengalihan kewenangan dari kabupaten ke provinsi ini, ternyata disambut baik oleh pihak sekolah. Seperti halnya SMK 1 Kudus yang pasrah oleh aturan pemerintah termasuk juga dengan pengelolaan yang diambil provinsi. “Kalau kami dari pihak sekolah mengikuti aturan, yang jelas apapun aturannya kami siap mengikutinya,” katanya. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)