Harusnya Beras di Kudus Melimpah karena Hasil Panen Padi Lampaui Target

Petani menggarap sawahnya di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Petani menggarap sawahnya di Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Target panen padi selama 2015, yakni sejumlah 159.000 ton, dipastikan tercapai. Bahkan, Pemkab Kudus malahan memastikan kalau target tersebut bakal melebihi hingga akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kudus Budi Santoso. Menurutnya, panen padi tahun ini tergolong baik, sehingga hingga akhir tahun bakal melampaui dari target.

“Hingga kini, kami sudah panen dengan jumlah 166.400 ton. Meski demikian, kami akan memenuhi target tersebut,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Hal itu diyakini, lantaran sekarang di beberapa daerah masih mengalami panen. Seperti halnya di Tenggeles, Gondoharum, Jekulo, Jati dan beberapa daerah lainnya. Sehingga kalau dijumpai akan mencapai target.

Dia menambahkan, lahan yang sedang dipanen saat ini sekitar 1.000 hektare. Sehingga pasti akan mendapatkan jumlah yang jauh lebih banyak lagi dari target.

Target tiap tahun selalu cenderung naik. Seperti halnya di 2014 lalu, Kudus ditargetkan sekitar 127 ribu ton saja. Sedangkan di 2016 mendatang. Target juga kembali dinaikkan menjadi 169 ribu ton.

Selama 2015 nantinya, Kudus memiliki luasan tanam sebesar 26.559 hektare. Jumlah tersebut meliputi dari MT I, MT II dan MT III. Pilihan hektare tersebut juga tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.

Dengan luasan tersebut, kata dia, paling banyak menanam padi pada MT I dan MT III. Hal itu dibuktikan memasuki pada MT II ini, petani yang menanam padi hanyalah seluas 14 ribuan hektare saja. (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)