Ratusan Kades Dibuat Gelisah Nunggu Dana Desa Tahap Ketiga Cair

Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Kepastian cairnya dana desa tahap ketiga hingga saat ini masih belum jelas. Padahal, semula dijanjikan pada awal Desember ini dana desa tahap terakhir sudah disalurkan ke daerah.

Saat menyampaikan sosialisasi dana desa di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi, Minggu (8/11/2015) lalu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar sempat menjanjikan akan segera mencairkan dana desa tahap ketiga. Namun, hingga hari ini dana tersebut belum masuk ke kas Pemkab Grobogan.

“Informasi sebelumnya, kisaran tanggal 2 Desember ini dana desa tahap ketiga akan cair. Tetapi sampai hari ini, belum ada realisasinya,” kata Kepala Bapermas Grobogan Sanyoto.

Menurutnya, saat ini, ratusan desa sudah menantikan cairnya dana desa tahap ketiga tersebut. Dimana, hampir setiap hari, sejumlah kades selalu menanyakan kepastian waktu pencairan dana itu.

Ia menjelaskan, dari 273 desa, sudah ada 232 desa yang mengajukan pencairan dana desa tahap ketiga. Sementara 41 desa lainnya masih akan segera mengajukan dalam waktu dekat karena masih menyelesaikan administrasi laporan.

Masih dikatakan Sanyoto, besarnya dana desa yang diterima 273 desa itu nilainya bervariasi. Paling sedikit Rp 275 juta lebih dan nominal dana desa tertinggi yang disalurkan sebesar Rp 335 juta lebih.

Proses pencairan dana desa akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dan kedua masing-masing 40 persen dan 20 persen lagi cair pada tahap ketiga.

“Dana desa yang cair akan langsung ditransfer ke rekening desa masing-masing.
Pada proses pencairan dana desa tahap pertama dan kedua berjalan lancar tidak ada kendala,” ungkapnya.

Sanyoto berharap agar pencairan dana desa tahap ketiga itu bisa secepatnya direalisasikan karena saat ini sudah mendekati akhir tahun. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)