Pemdes Sidorekso Ajak Warganya Berantas Penyakit Musim Hujan dengan Cara Konvensional

Warga Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu sedang melakukan kerja bakti. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Warga Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu sedang melakukan kerja bakti. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Guna mencegah penyakit demam berdarah (DB) disaat musim hujan, pemerintah Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu menggelar bersih desa secara rutin. Tak hanya DB, tapi kegiatan tersebut guna menjadikan wilayah desa terhindar dari segala macam penyakit.

Kepala Desa Sidorekso Mochamad Arifin mengutarakan, bisanya pihak desa memantau kondisi kampung, jika sudah nampak kotor dan banyak tumbuhan liar. Pemdes langsung mengerahkan warga untuk kerja bakti. Meski dengan cara yang konvensional, namun dinilai efektif sekaligus menjaga silaturahim antarwarga.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh warga baik dilingkup RT dan RW. Sehingga di saat musim hujan tiba, sarang penyakit sudah bisa diberantas terlebih dahulu dengan kerja bakti.

”Setelah pihak pemdes mengecek kondisi lingkungan, jika didapati lingkungan kotor dan banyak tanaman liar, kami langsung mengimbau pemilik pekarangan supaya segera membersihkan,” ujarnya.

Selain itu, pihak desa juga selalu menyisir kondisi saluran air. Memastikan saluran air bebas sampah, agar tidak menyumbat pembuangan air dari rumah tangga ke sungai.

”Bila semua tempat dapat kami pantau kebersihannya, hal itu tentunya meminimalkan adanya sarang nyamuk,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk kegiatan kebersihan ini sering dilakukan setelah waktu asar. Sebab diwaktu tersebut mayoritas warga sudah pulang kerja. Atau pada hari Minggu, yang juga sering dijadikan kegiatan kebersihan masal oleh seluruh warga. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)