Bisa Kelola Tanaman di Musim Kemarau, Kini Petani Blora Panen Raya

Melimpahnya hasil pertanian Desa Greneng Kecamatan Tunjungan meski pada musim kemarau. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Melimpahnya hasil pertanian Desa Greneng Kecamatan Tunjungan meski pada musim kemarau. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Di musim kermarau warga Greneng masih bisa tersenyum manis. Terbukti dengan panen raya yang diselenggarakan oleh warga Desa Greneng, Kecamatan Tunjungan pada (1/12/2015) merupakan bukti melimpahnya hasil pertanian yang ada di Desa Greneng. Panen Raya dihadiri oleh Camat Tunjungan Heni Ariyanto, Danramil 04/Tunjungan Kapten Inf Darmanto, Ka UPTD Kecamatan Tunjungan Teguh Santoso, Kades Greneng Yasir, Gapoktani Suyanto, Babinsa, Ketua Persit Ranting Tunjungan serta Petani setempat.

Ketua Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Suyanto menjelaskan, luas lahan yang di panen sekitar 58 hektare dengan hasil panen berkisar 6 sampai 7 ton gabah per 1 hektare. Dikarenakan pengairan lahan pertanian ini mengandalkan air dari waduk Greneng. ”Padi ini jenis siherang. Airnya dari waduk Greneng dan hasilnya bisa mencapai 6 sampai 7 ton gabah per 1 hektare,” Kata Gapoktan Suyanto.

Di saat musim kemarau tidak semua desa bisa panen raya, karena petani Desa Greneng mengikuti aturan yang disampaikan oleh babinsa dan PPL saat penyuluhan dan pelatihan pertanian. Baik cara tanam, menggunakan sistem jajar legowo, penggunaan pupuk berimbang, dan pengairan, akhirnya panen raya bisa terlaksana.

”Manfaat pendampingan upaya khusus oleh TNI ini sangat banyak, sehingga panen raya hasilnya cukup bagus dan ada peningkatan. Dan yang pasti ini merupakan anugerah luar biasa dari Allah SWT,” ungkap Danramil 04/Tunjungan Kapten Inf Darmanto.

Ka.UPTD Kecamatan Tunjungan Teguh Santoso menambahkan, atas nama dinas pertanian Blora mengucapkan terima kasih dan luar biasa sekali, dalam musim kemarau ini para petani bisa mengelola pertaniannya dengan baik.

”Kegigihan petani dan semangatnya, patut untuk dijadikan contoh dan teladan,” ujar Teguh Santoso. (RIFQI GOZALI/TITIS W)