Penderita Terus Meningkat, Mahasiswa Poltekkes Blora Bertarung Melawan HIV/AIDS

Aksi simpatik hari AIDS sedunia oleh mahasiswa Poltekkes Semarang Prodi DIII Keperawatan Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Aksi simpatik hari AIDS sedunia oleh mahasiswa Poltekkes Semarang Prodi DIII Keperawatan Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Aksi simpatik dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia pada hari ini Selasa, 1 Desember, dilakukan oleh mahasiswa Poltekkes Semarang Prodi DIII Keperawatan Blora. Kegiatan tersebut berlangsung di Jalan Pemuda Blora. Sebelumnya mereka juga melakukan aksi pembagian pamflet secara simbolis kepada sesama mahasiswa dan dosen. Kemudian membagikan pamflet kepada masyarakat di Taman Mustika dan Alun-alun Blora.

Aksi yang mengusung tema Bertarung Melawan HIV/AIDS diikuti oleh sebelas mahasiswa. Dalam aksi, juga dibagikan pita merah dan pamflet mengenai bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat dan pengguna jalan.

Ketua aksi, Ifana Chyntia Dewi menjelaskan acara ini digelar sebagai peringatan hari AIDS sedunia. Dengan harapan memberikan peringatan terhadap masyarakat akan bahaya AIDS.

”Kita sebagai tenaga kesehatan sadar akan bahaya AIDS, kita harus memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahkan mencegah menyebarnya HIV/AIDS,” tutur Ifana Cyntia Dewi kepada MuriaNewsCom (1/12/2015).

Pasalnya, HIV/AIDS di Blora setiap tahun meningkat. Setiap pekan ada 2-3 orang yang masuk rumah sakit karena HIV/AIDS. Bahkan dalam setahun terakhir sudah dua orang yang meninggal.

Harapan dari aksi tersebut adalah masyarakat Blora agar berhati-hati agar tidak terkena virus HIV/AIDS. Dengan cara pola hidup sehat dan tidak melakukan freesex. ”Masyarakat Blora harus menghindari HIV/AIDS. Karena virus yang satu ini tidak main-main, nyawa taruhannya,” imbuh Ifana. (RIFQI GOZALI/TITIS W)