Musim Hujan Tiba, Waduk Gembong Pati Terancam Tak Bisa Tampung Air

Kondisi Waduk Gembong saat ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kondisi Waduk Gembong saat ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Musim hujan di Kabupaten Pati sudah mulai tiba. Meski kehadiran musim hujan dinantikan banyak orang, tetapi hal itu justru dikhawatirkan pengelola Waduk Gembong.

Sebab, sedimentasi yang selama ini terjadi di Waduk Gembong dikhawatirkan tidak bisa menampung debit air selama musim hujan. Dari kapasitas menampung air 9,5 juta meter kubik air, saat ini hanya bisa menampung 7 juta meter kubik saja.

“Akibat sedimentasi yang begitu luas, Waduk Gembong yang semula bisa menampung 9,5 juta meter kubik, kini hanya bisa menampung 7 juta meter kubik saja,” ujar Susanto, Petugas Waduk Gembong saat ditemui MuriaNewsCom, Selasa (1/12/2015).

Karena itu, pihaknya khawatir jika hujan terus mengguyur hingga melebihi kapasitas penampungan air waduk, bisa membahayakan bangunan waduk sendiri dan warga sekitarnya.

“Pada 2014 lalu sempat terjadi banjir akibat waduk tidak bisa menampung debit air. Ini yang kami khawatirkan pada musim hujan tahun ini,” imbuhnya.

Tak hanya soal sedimentasi, minimnya perhatian Waduk Gembong juga dikhawatirkan bisa menyebabkan tanggul waduk ambrol. “Kalau debit air tinggi, kemungkinan tanggul jebol bisa saja terjadi karena selama ini tidak tersentuh renovasi,” pungkasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)