Ini Penyebab Guru Swasta Gagal Dapat Sertifikasi dan Itu Bikin Dongkol

guru sertifikasi (e)

KUDUS – Mendapatkan sertifikasi, merupakan kebanggaan bagi para guru. Bahkan, bisa dikatakan hampir semua guru menginginkannya. Namun banyak dari guru di Kudus yang juga gagal mendapatkan sertifikasi tersebut, karena berbgai hal.

Ketua PGRI Kudus Agus Nuratman mengatakan, banyak yang gagal dari sertifikasi lantaran beberapa hal. Di antaranya yang paling sering adalah karena tidak lulus uji Kompetensi Guru (UKG).

”Sertifikasi atau tunjangan profesi ini memang tidak mudah, salah satu syaratnya harus lulus UKG, sedangkan guru non-PNS yang mengajarnya sudah puluhan tahun banyak yang usianya sudah tua sehingga ikut ujian tersebut kemampuannya sudah berkurang,” katanya.

Untuk itu, dalam surat yang dilayangkan juga meminta untuk UKG tidak dimasukkan syarat pencapaian sertifikasi. Mengingat banyak guru yang usianya sudah tua dan bisa dijadikan untuk syarat lainnya misal, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

”UKG selama ini menjadi beban, jika tidak lulus harus mengulang. Mengingat guru non-PNS baik negeri maupun swasta banyak yang usianya mendekati pensiun, maka proses mendapat sertifikasi terhambat, memang tujuannya baik sebagai bentuk mengukur kemampuan guru,” jelasnya.

Sebenarnya untuk mengukur kemampua guru bisa dilakukan dengan pelatihan dan praktik mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya dan ada tim penilai sehingga tidak perlu UKG.

”Kami menampung aspirasi dan keluhan guru yang selama ini masih menjadi kendala,” imbuhnya. (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)

Satu gagasan untuk “Ini Penyebab Guru Swasta Gagal Dapat Sertifikasi dan Itu Bikin Dongkol

  1. Ping-balik: Anggota DPR RI Ini Disambati Guru TK di Grobogan Terkait Sertifikasi | Muria News

Komentar ditutup.