KPU Grobogan Siap Gelar Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati

Rakor kesiapan debat publik yang digelar KPU Grobogan belum lama ini dengan pihak-pihak terkait. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Rakor kesiapan debat publik yang digelar KPU Grobogan belum lama ini dengan pihak-pihak terkait. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif menegaskan kesiapannya untuk menggelar acara debat calon bupati dan wakil bupati yang dilaksanakan di Gedung Wisuda Budaya Purwodadi, Rabu (25/11/2015) besok. Penegasan itu dilontarkan pada wartawan di kantornya siang tadi.

”Agenda debat publik ini sudah kita persiapkan cukup lama dengan sejumlah pihak terkait. Untuk acara besok sudah persiapkan semuanya. Mulai dari segi acara, aturan, pengamanan dan lainnya,” kata Afrosin.

Dalam debat berdurasi 60 menit  yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta mulai pukul 11.00 WIB itu, terbagi menjadi lima segmen. Setelah segmen pembuka, dilanjutkan dengan segmen pertama berupa yel-yel dari masing-masing pendukung pasangan calon. Yel-yel tiap pendukung durasi maksimalnya dua menit.

Usai yel-yel, dilanjutkan pemaparan visi-misi dengan batasan waktu 5 menit per paslon. Segmen selanjutnya adalah pelaksanaan debat. Dimana, masing-masing paslon menerima empat pertanyaan dari moderator.

Pertanyaan ini disusun oleh enam anggota tim panelis. Yakni Pengamat Politik dan Dosen Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Dr Teguh Yuwono, yang sekaligus menjadi moderator. Panelis lainnya, Ketua FKUB Grobogan Toha Karim Amrullah, Tokoh Muhammadiyah Bambang Sa’bani, Ketua FLP Grobogan Rahmatullah dan wartawan Suara Merdeka Hanung Soekendro.

Afrosin menjelaskan, tanya jawab antar paslon terjadi di segmen berikutnya. Masing-masing paslon memberikan dua pertanyaan buat paslon lainnya. Untuk segmen terakhir, berisi kampanye persuasif dari masing-masing paslon.

”Saat pelaksanaan debat, semua menjadi kewenangan moderator untuk mengendalikan suasana. Moderator juga punya kewenangan mengendalikan penonton, jika ada yang membuat onar,” tambahnya. (DANI AGUS/TITIS W)