Malas ke kantor BPN untuk Urus Sertifikat Tanah? Datang saja ke Alun-alun Kudus

Aktivitas BPN yang siap melayani warga mengurus sertifikat saat hari libur. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Aktivitas BPN yang siap melayani warga mengurus sertifikat saat hari libur. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Bagi warga yang ingin mengurus sertifikat tanah di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), bisa tetap tenang. Karena, meski hari Minggu, BPN tetap memberikan pelayanan.

Ya, pengurusan sertifikat tersebut bisa dilakukan di Alun-alun Kudus mulai pukul 06.00 WIB-pukul 08.00 WIB. BPN siap memberikan pelayanan kepada warga.

Kasubsi Pengaturan Tanah Pemerintah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang BPN Kudus Muhammad Mastur mengatakan, pihaknya siap melayani warga yang ingin mengurus sertifikat.

“Kami jemput bola bagi warga yang ingin membuat atau megurus sertifikat. Selain juga sosialisasi kepada warga yang berkeinginan mengurus sertifikat. Supaya warga lebih paham,” katanya.

Pengurusan sertifikat tanah meliputi banyak hal. Di antaranya dari permohonan pengakuan hak, pemisahan atau pemecahan sertifikat, peralihan jual beli, peralihan hak hibah dan lainnya.

Dia menambahkan, yang paling penting ialah sosialisasi terhadap warga ini bisa berjalan maksimal. Sehingga semua warga bisa mendapatkan informasi yang baik pula.

Salah seorang warga yang mengurus sertifikat, Sofyan mengaku antusias dengan program BPN. “Sosialisasinya efektif,” kata warga Samirejo, Dawe.

Yang jelas, adanya BPN di Alun-alun Kudus membuat warga terbantu. Sebab, banyak warga yang tidak tahu kantor BPN. “Memang pas, kalau ada di alun-alun,” tambahnya. (EDY SUTRIYONO/AKROM HAZAMI)