Sejuta Surat Suara Mulai Disortir dan Dilipat di KPU Grobogan

 

150 orang tengah sibuk lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di halaman samping kantor KPU Grobogan, Jumat (20/11/2015). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

150 orang tengah sibuk lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di halaman samping kantor KPU Grobogan, Jumat (20/11/2015). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, KPU Grobogan hari ini mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Sekitar 150 orang dilibatkan dalam proses sortir dan lipat salah satu logistik paling vital dalam Pilkada tersebut. Selain di aula, penyortiran dan pelipatan surat suara juga dilakukan di halaman samping Kantor KPU Grobogan.

”Proses sortir kita mulai tadi pukul 08.00 WIB. Sekitar 150 yang kita libatkan untuk menyortir dan melipat surat suara. Rencanana, kegiatan ini kita targetkan sudah rampung dalam tiga hari,” kata Sekretaris KPU Grobogan Amin Nur Hatta.

Ia menjelaskan, dalam penyortiran dan pelipatan ada pula anggota relawan demokrasi (Relasi) KPU Grobogan yang ikut mengawasi. Disamping itu, kegiatan ini juga mendapat pengamanan dari pihak kepolisian.

Amin menambahkan, jumlah surat suara yang dikirim dari PT Pura Kudus beberapa hari sebelumnya, totalnya sebanyak 1.092.551 lembar yang dikemas dalam 275 boks. Rinciannya, sebanyak 1.090.551 lembar untuk kebutuhan Pilkada nanti. Sedangkan 2.000 lembar lagi disiapkan khusus jika ada pemungutan suara ulang yang harus dilakukan.

Sementara itu, dalam proses penyortiran tersebut sudah ditemukan beberapa surat suara yang dikategorikan rusak. Antara lain, ada sobekan, kertasnya berkerut, dan tinta luntur. Hingga pukul 11.00 WIB, surat suara yang rusak ini baru ada sekitar 7 lembar saja. (DANI AGUS/TITIS W)