Penggemar Durian di Jepara, Ini Waktumu Berpesta

Pedagang menjajakan barang duriannya di musim durian tahun ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Pedagang menjajakan barang duriannya di musim durian tahun ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Memasuki musim hujan tahun ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Jepara meraup keuntungan. Salah satunya dengan masuknya musim durian. Buah yang khas dengan aroma yang menyengat ini sudah banyak dan mudah ditemui di Kota Ukir Jepara.

Pemandangan banyaknya pedagang durian terdapat di sejumlah tempat, baik di pinggir jalan sepanjang Jepara-Kudus, maupun di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Jepara.
Selain di Ngabul, pedagang buah durian dadakan mulai marak di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Jepara, termasuk Pasar Mayong, Kalinyamatan, Pecangaan. Di depan pasar tersebut mulai dipenuhi pedagang musiman itu.

Salah satu pedagang durian, Solihatun mengatakan, saat ini beberapa buah durian sudah mulai besar, dan siap untuk dipanen. Meskipun belum puncak keramaian, ia mengaku sudah ada beberapa orang yang membeli durian kepadanya.

“Ini baru awal-awal musim durian, jadi belum terlalu ramai. Mungkin bulan depan puncak keramaian penjual durian. Tapi alhamdulillah, sudah mulai laku,” katanya.
Menurut dia, untuk harga, saat ini masih bervariasi dan masih tergolong mahal. Durian dengan kualitas terbaik harganya Rp 40 ribu per buah. Meskipun ada yang dijual murah sekitar Rp 20 ribu.

Hal senada juga dikatakan Siti Azizah, pedagang asal Tahunan yang jualan di kompleks pasar Ngabul. Ia mengaku, barang yang ia jual adalah hasil dari pohon durian yang ada di kebun belakang rumahnya. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)