Video – Buah Berbentuk ‘Seram’ Ini Sensasinya Luar Biasa

 

JEPARA – Saat ini, di Kabupaten Jepara sudah memasuki musim durian. Buah dengan kulit yang menyeramkan tapi aroma khas dan kenikmatan yang tiada tara ini kerap diburu calon pembeli. Jika sudah biasa membeli durian di pinggir jalan atau di supermarket, tidak ada salahnya mencoba beli durian langsung kepada petani yang buahnya langsung dipetik di pohon.

Pengalaman seperti itu bisa didapatkan di Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Jepara. Salah satu petani durian, Zaini misalnya. Dia biasa melayani pembeli durian di rumahnya. Dia memang sengaja tak menjajakan buah durian di tepi jalan atau di toko buah. Meski begitu, buah durian darinya kerap diambil oleh para penjual lain yang kemudian dijajakan di pasar atau di toko buah.

Dia mengaku memetik durian 100 hingga 200 biji dari 20 pohon di kebun durian miliknya. Beregam jenis durian yang sudah masak dipetik. Seperti durian ketan, durian podang, hingga durian mrica yang berukuran kecil-kecil.

“Agar durian yang sudah masak tidak jatuh ke tanah, saya mengikatnya dengan tali,” kata Zaini kepada MuriaNewsCom, Jumat (20/11/2015).

Menurutnya, meski hanya dijajakan di rumahnya, yang datang membeli dan makan durian di tempatnya juga banyak. Selain tengkulak, dia juga kerap didatangi pembeli, baik orang dewasa maupun anak-anak. “Lumayan pembelinya, Alhamdulillah,” ucapnya.

Dia mengaku, untuk dapat menikmati satu butir buah durian berukuran sebesar bola takraw, pembeli cukup merogoh kocek Rp 15 ribu. Sementara buah durian berukuran sedang hingga besar harganya berkisar mulai 20 ribu hingga 35 ribu per buah. Harga tersebut relatif lebih murah dibanding membeli di pasar atau di toko buah. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)