Aduh ! Pohon di Rembang Jadi Target Kampanye

Seorang tim kampanye menempelkan poster calon pasangan bupati Rembang di pohon. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

Seorang tim kampanye menempelkan poster calon pasangan bupati Rembang di pohon. (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

REMBANG – Menjamurnya poster kampanye ‘liar’ di pohon sepanjang jalan di Rembang mendapat kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya dari aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Semut Abang Rembang, Gusno.

Gusno mengecam tindakan tim sukses yang menempelkan poster ‘jagoannya’ di pohon. Menurutnya, kampanye yang dilakukan seperti itu menujukkan ketidakpedulian pasangan calon dan tim suksesnya terhadap lingkungan hidup di Rembang.

”Padahal beberapa hari lalu, pemerintah kabupaten Rembang telah menertibkan poster-poster liar di Rembang. Tapi sekarang, mulai bermunculan lagi poster-poster di pohon, seperti di sepanjang Jalan Pemuda Rembang,” katanya kepada MuriaNewsCom, Jumat (20/11/2015).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panwas Pilkada Kabupaten Rembang Totok Suparyanto, menyampaikan poster kampanye sebenarnya hanya boleh diberikan dan tidak boleh ditempelkan khususnya di pohon. Selain itu, poster yang boleh disebarkan juga dibatasi, yakni ukurannya tidak lebih dari 5 cm x 10 cm.

Terkait dengan sanksi bagi tim kampanye yang melanggar, Totok hanya merekomendasikan kepada tim sukses yang bersangkutan untuk menertibkan poster yang mereka tempelkan. ”Kita akan mengingatkan kepada tim kampanye untuk membersihkan, kalau tim tidak membersihkan nanti panwas berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan,” tandasnya. (AHMAD WAKID/TITIS W)