Tiap Desa Digelontor Rp 1,2 Miliar, Ini yang Harus Dilakukan Pemdes

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Dalam aturan yang baru, tiap desa mendapatkan dana dari pemerintah dalam jumlah yang sangat besar. Untuk itu, desa juga harus menyiapkan segala hal untuk menjalankan program tersebut.

Hal itu diungkapkan Camat Jati Harso Widodo. Menurutnya dengan dana yang besarnya mencapai Rp 1,2 miliar, pembangunan di tingkat desa dapat dimaksimalkan. Sebab desa yang tahu apa yang seharusnya dibenahi .

”Karena dana yang besar, maka desa dapat memetakan kebutuhan. Khususnya pembangunan fisik yang sangat dibutuhkan masyarakat. Seperti pembangunan jalan dan juga jembatan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Selain itu, juga harus dilakukan pendataan aset desa. Mana saja aset milik desa dan aset milik pemkab. Sehingga dalam menjalankan program juga dapat berjalan secara maksimal.

Bahkan, kalau perlu infrastruktur milik desa juga harus di SK kan. Hal itu akan sangat membantu dalam kepemilikan banda desa untuk kebutuhan desa dan juga masyarakat.
Di Kecamatan Jati, terdapat hal yang jelas dalam pembangunan desa. Hal itu diproyeksikan pembangunan yang berbasis lima tahun, dengan dibagi tiga tahun pertama dan dua tahun berikutnya.

”Tiga tahun pertama silahkan pembangunan fisik infrastruktur desa, sambil berjalan juga mengembangkan SDM. Dimulai dari tahun ini dan berakhir 2017. Sedangkan sisa tahun berikutnya tinggal di fokuskan ke pemberdayaan kepada SDM di desa,” jelasnya. (FAISOL HADI/TITIS W)