Pemdes di Kudus Tak Perlu Risau Penggunaan Anggaran Desa

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Pemerintah di Kudus, tidak perlu risau menggunakan anggaran yang sangat besar. Meski banyak aturan yang mengikat penggunaan anggaran. Namun sebagai perangkat desa juga harus menjalankan program desa.

Hal itu diungkapkan Camat Jati Harso Widodo. Menurutnya, beberapa desa khususnya di Kecamatan Jati sempat khawatir dengan pengoperasian dana desa. Hanya, pihaknya meminta tidak usah risau lantaran semua sudah ada aturannya.

”Kalau takut tidak, hanya untuk aturan yang baru ini harus lebih teliti lagi. Khususnya administrasi dan perencanaan dalam menjalankan program juga harus dimaksimalkan,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Tidak hanya itu, bagi dia mental perangkat juga harus dirubah. Sebab secara garis besar, nantinya desalah yang bakal memajukan Indonesia. Pihaknya sepakat kalau kemakmuran Indonesia juga dimulai dari tingkat yang terkecil yakni desa. Sehingga jika desa bagus, maka akan turut menciptakan kemajuan Indonesia.

”Seperti halnya pemkab, dalam menjalankan progam sekarang banyak di desa. Termasuk juga anggarannya. Jadi desa juga lebih banyak pekerjaan untuk memajukan desa, karena memang mereka yang tahu persoalan desa itu apa,” imbuhnya.

Dia menambahkan, dalam menjalankan progam kalau memang diperlukan, dapat menggunakan rekanan dan juga jasa konsultan. Namun tetap mengupayakan dari warga sekitar untuk kemakmuran warganya.

”Kalau mengalami kesulitan segera dikonsultasikan. Seperti kepada pihak kecamatan agar dapat segera memecahkan persoalan yang dihadapi,” jelasnya. (FAISOL HADI/TITIS W)