Asyik! Kini Pelaku UMKM Bisa Lebih Mudah Mengakses Modal di Bank

Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil, saat ini masih dihadapkan dengan persoalan klasik, yakni masih sulitnya memperoleh legalitas izin usaha. Namun, jangan khawatir, karena saat ini sudah ada program dari pemerintah yang bisa menjadi solusi terkait hal itu.

Adalah Izin Usaha Menengah Kecil (IUMK), yang merupakan program yang diterbitkan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

IUMK merupakan izin usaha mikro kecil yang diberikan oleh lurah/kepala desa atau camat secara gratis serta dapat ditukarkan ke perbankan, dalam hal ini adalah BRI.Dengan sebuah kartu IUMK, nantinya dapat digunakan sebagai alat dan persyaratan untuk mengakses modal.

Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKMBraman Setyo mengatakan, salah satu tujuan penerbitan kartuizin usaha tersebut, selain menjamin kepastian hukum dalam usaha, yakni bisamemberikan akses pembiayaan, akses pendampingan usaha serta akses
pemberdayaan usaha.

Menurut Braman, penerbitan IUMK tersebut sudah didasari Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Kecil. Untuk sementara, dari 550 kabupaten , hanya 140 kabupaten yang sudah menerbitkan IUMKini.

Memang sejak awal dirancangnya IUMK tersebut, pihaknya ingin IUMK menjadi solusi bagi masalah klasik UMKM yakni perizinan usaha, permodalan, hingga pencatatan untuk kepentingan update data base pelaku usaha bagi pemerintah.

“Kami memang menggandeng perbankan yakni BRI dan Asosiasi Perusahaan Penjaminan guna mengoptimalkan fungsi IUMK yang nantinya akan dimodifikasi menjadi kartu IUMK. Jadi memang setelah mendapatkan surat izin dari lurah atau camat yang selembar itu, UMK tinggal datang ke BRI untuk mendapatkan semacam kartu IUMK yang bisa digunakan seperti kartu kredit. Jadi bisa langsung digunakan untuk mengakses modal tanpa perlu syarat lain apapun,” pungkasnya. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)