Virus Hepatitis Tak Sabar Ingin Serang Ibu dan Bayinya di Kudus

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Selain HIV/AIDS, pemeriksaan hepatitis juga dilakukan. Dari pemeriksaan yang dilakukan. Ditemukan tiga orang yang menderita hepatitis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dokter Maryata melalui Kasi Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Darsono mengatakan, bukan hanya pemeriksaan HIV/AIDS yang dilakukan. Untuk pemeriksaan Hepatitis juga dilakukan dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 10 juta yang bersumber dari APBD 2015.

”Pemeriksaan Hepatitis dilaksanakan pada bulan Juli. Kami baru mengambil sampel dua puskesmas yakni Puskesmas Rejosari dan Ngemplak. Tahun depan rencana ada lagi,” katanya.

Menurutnya, jumlah ibu hamil yang dilakukan pemeriksaan Hepatitis sebanyak 300 orang dan yang positif virus tersebut ada tiga orang. Darsono menuturkan kegiatan itu dilakukan selain mendeteksi dini juga menekan angka kematian ibu dan bayi.

Pemeriksaan yang dilakukan bakal dilanjutkan tahun berikutnya.Hal itu dilakukan lantaran penyakit tersebut juga penyakit yang tergolong bahaya.

”Dua virus (virus HIV/AIDS dan Hepatitis) tersebut termasuk yang perlu diwaspadai, karena bisa menular ke bayi. Kalau tidak terdeteksi sejak dini, ibu menyusui anaknya dan ternyata kena virus maka bisa menular,” ungkapnya.(FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)