Seorang Ibu Hamil di Kudus Terindikasi HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS

Ilustrasi HIV/AIDS

 

KUDUS – Scanning untuk menanggulangi meluasnya virus HIV/AIDS terus dilakukan. Temasuk juga di kalangan ibu hamil. Dari pemeriksaan yang dilakukan, ternyata ditemukan satu ibu hamil yang terindikasi HIV/AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dokter Maryata melalui Kasi Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Darsono mengatakan, pencegahan meluasnya virus HIV/AIDS, adalah instruksi dari Kementerian Kesehatan RI.

Yakni dengan melakukan scanning terhadap ibu hamil. Hal ini sebagai upaya mencegahan sejak dini penularan virus tersebut kepada bayi.

“Pemeriksaan sudah berjalan tahun ini. Jadi, modelnya itu ibu hamil yang diperiksa diambil darahnya untuk kemudian dilakukan laborat. Jadi pelaksanaan pemeriksaan HIV/AIDS sudah berjalan tahun ini,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Dia menambahkan, anggaran pemeriksaan HIV/AIDS sebesar Rp 17 juta menggunakan dana APBD 2015. Untuk jumlah ibu hamil yang menjalani tes HIV/AIDS sekitar 164 orang dan yang terindikasi HIV/AIDS hanya satu orang.

“Mudah mudahan tidak ada lagi yang terjangkit. Dengan adanya pengetahuan secara diri kalau ada yang terjangkit. Pengawasan dan proses pengobatan juga dapat dipersiapkan sejak dini,” ungkapnya . (FAISOL HADI/AKROM HAZAMI)