7 Hal yang Membuat Kamu akan Selalu Kangen Kembali Kudus

KUDUS – Bagi kamu warga luar kota, dan pernah berwisata di Kudus. Tentu akan ada hal bikin kamu sulit untuk melupakan Kota Kretek ini. Berikut 7 hal yang bikin kamu akan selalu kangen kembali ke Kudus. Kalau tak percaya, bisa dibuktikan sendiri.

Air_Terjun_Monthel-w1. Wisata alam Air Terjun Monthel, di Desa Colo
Air Terjun Monthel[1] terdapat di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Letaknya 18 Km ke arah utara dari pusat kota Kudus. Tepatnya di kawasan Pegunungan Muria, Desa Colo Kecamatan Dawe Kudus Jawa Tengah. Pegunungan Muria memiliki ketinggian ± 1.602 m dpl (di atas permukaan air laut).

Air_Terjun_Rejenu-w2. Wisata alam Air Tiga Rasa Rejenu, di Desa Japan Dukuh Rejenu
Air Tiga Rasa Rejenu terdapat di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, tepatnya di atas Air Terjun Monthel. Lokasinya terletak di sebelah utara makam Sunan Muria, di atas objek air terjun Montel. Di sini terdapat sebuah makam yang banyak diziarahi orang. Orang mengenalnya sebagai makam Syeh Sadzali. Salah satu murid Sunan Muria yang disegani, yang konon berasal dari Irak (Baghdad).

Masjid_Menara_Kudus-w3. Wisata sejarah Masjid Menara Kudus, di Desa Kauman
Masjid Menara Kudus disebut juga dengan Masjid Al Aqsa dan Masjid Al Manar. Adalah sebuah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Masjid ini terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Pada masa kini, masjid ini biasanya menjadi pusat keramaian pada Festival Dhandhangan yang diadakan warga Kudus untuk menyambut bulan Ramadan.

Museum_Kretek_Baru-w4. Museum Kretek, di Desa Getaspejaten
Bangunan Museum Kretek yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang sangat indah dan megah. Di depannya ada dua bangunan terpisah berasitektur rumah adat Kudus dan surau gaya Kudus.
Lokasi Museum ini tak terlalu sulit untuk dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Kota Kudus terletak 50 km timur Semarang, paling tidak bisa menghabiskan waktu kurang dari satu jam dari Semarang.

museum patiayam-w5. Museum Situs Patiayam, di Desa Terban
Situs Purbakala Patiayam adalah situs purba di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Sekitar 1.500 fosil ditemukan di Patiayam dan kini disimpan di rumah-rumah penduduk. Sebagian gading gajah ditempatkan di Museum Ronggowarsito Semarang.
Situs Patiayam merupakan bagian dari Gunung Muria. Luasnya 2.902,2 hektare meliputi wilayah Kudus dan beberapa kecamatan di Pati. Di gunung ini terdapat makam dan Masjid Sunan Muria, air terjun, motel, penginapan, sejumlah villa, dan warung makan. Jaraknya hanya 18 kilometer dari kota Kudus.

makam sunan kudus-w6. Wisata religi Makam Sunan Kudus, di Desa Kauman
Makam Sunan Kudus berada di areal atau kompleks Menara Kudus. Beliau adalah salah satu penyebar agama Islam di Indonesia yang tergabung dalam walisongo, yang lahir pada 9 September 1400M/ 808 Hijriah. Nama lengkapnya adalah nama Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan. Ia adalah putra dari pasangan Sunan Ngudung.

makam sunan muria-w7. Wisata religi Makam Sunan Muria, di Desa Colo
Sunan Muria dilahirkan dengan nama Raden Umar Said atau Raden Said. Menurut beberapa riwayat, dia adalah putra dari Sunan Kalijaga yang menikah dengan Dewi Soejinah, putri Sunan Ngandung. Nama Sunan Muria sendiri diperkirakan berasal dari nama gunung (Gunung Muria), yang terletak di sebelah utara Kota Kudus, Jawa Tengah, tempat dia dimakamkan.

Bagaimana? Kangen kan. Silakan kembali ke Kudus dan nikmati keindahannya dan keunikannya. Selamat berwisata di Kudus. (AKROM HAZAMI)