Januari 2016, Ratusan PKL di Kaliputu Hilang

Pasar Kaliputu (e)

Pasar Kaliputu yang saat ini masih tahap pembangunan direncanakan selesai akhir November ini dan pada Desember pedagang bisa menempati. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Meski dipastikan pembangunan Pasar Kaliputu bakal selesai akhir bulan ini. Namun di Desember para pedagang di Kaliputu belum akan dipindah. Rencananya, pemindahan para pedagang bakal dilakukan pada awal tahun depan.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Dagsar Sudiharti kepada MuriaNewsCom. Menurutnya, pemindahan para pedagang bakal dilakukan pada Januari tahun depan. Hal itu dilakukan lantaran sebelum memindah harus dilakukan beberapa hal terlebih dahulu.

”Kami harus memindah para angkutan yang berada di sana. Jadi angkutan yang ngetem juga diarahkan lebih ke utara dekat gang V Kaliputu, lokasi pasar berada,” katanya.

Hal itu dilakukan, dengan harapan pedagang tidak kehilangan para pembelinya. Sebab pembeli pedagang mayoritas berasal dari buruh pabrik Djarum, yang berada di lokasi setempat.

Dengan demikian, maka pasar juga tetap ramai dan banyak dikunjungi para pelanggan. Lain halnya jika para angkutan tidak diarahkan, maka para buruh rokok akan langsung pulang ketika keluar pabrik.

”Kita akan lakukan kerja sama dengan dishub. Sebab itu sudah menjadi tugas dari dinas lain yang membidanginya,” imbuhnya.

Dia menambahkan, data awal pedagang yang ada berjumlah 100 lebih. Namun setelah dilakukan pendataan ulang hanya berjumlah 98. Nantinya sebelum dipindah juga dilakukan pendataan lagi untuk kepastian jumlah pedagangnya. (FAISOL HADI/TITIS W)