Usia Renta tak Surutkan Semangat Mbah Mi’an Tetap Bekerja

Mbah Mi'an yang masih bersemangat bekerja menjaga penitipan motornya di kawasan terminal Induk Kudus. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Mbah Mi’an yang masih bersemangat bekerja menjaga penitipan motornya di kawasan terminal Induk Kudus. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

KUDUS – Mbah Mi’an (69) yang berprofesi sebagai penjaga parkir ini memang patut diteladani sosoknya. Pasalnya diusia yang senja itu, pria yang berdomisili di Jati Kulon, Kecamatan Jati tersebut tetap bersemangat bekerja sejak pagi hingga sore hari.

Profesi sebagai penjaga penitipan motor di kawasan terminal Kudus itu, telah dilakoninya berpuluh tahun yang lalu. Hasil dari pekerjaannya itu pun cukup lumayan, yaitu berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. ”Pendapatan tidak pasti, kalau sepi hanya cukup untuk makan sehari-hari dan itu sudah sangat bersyukur,” ujar mbah Mi’an.

Penitipan ini buka selama 24 jam, ia hanya bertugas dari pagi sampai sore. Setelah itu, giliran anak laki-lakinya yang menjaga. Setiap harinya ia diantar dan dijemput menuju tempat bekerja, karena kondisinya yang tidak memungkinkan membawa kendaraan sendiri. Pendapatannya pun harus dibagi dua setiap harinya. Karena lahan tempat ia bekerja merupakan milik salah seorang saudagar kaya di Kudus.

Ia mengungkapkan, untuk biaya penitipan motor sehari Rp 2000, kadang kala juga ada penitip nakal yang tak mau membayar. Juga ada penitip yang seenaknya sendiri menaruh motornya sampai berbulan-bulan. Namun bagi kerabat maupun seorang yang ia kenal menitipkan motornya, dengan ikhlas tak ditarik ongkos penitipan.

Mbah Mi’an pantang mengeluh, meski usianya tak lagi muda dan dengan kondisi kesehatan yang menurun karena sakit. Yaitu mata kanannya yang tak lagi bisa melihat secara normal. Ia juga mengidap beberapa penyakit seperti gangguan jantung, ginjal, dan penyakit dalam yang lain.

”Ya begini, saya hanya duduk karena memang fisik saya yang tak lagi sehat. Udah sakit-sakitan. Pekerjaan ini saya lakukan semampu saya, dan dengan dibantu anak saya,” imbuhnya. (TITIS W)