PENTAS DANGDUT : Dewan Sebut Aturan Detail Pentas Orkes Dangdut Bisa Lewat SE Kapolres

Salah satu pementasan orkes dangdut di Jepara beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Salah satu pementasan orkes dangdut di Jepara beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Menanggapi isu yang hangat terkait dengan pementasan orkesdangdut, WakilKetua DPRD Jepara Pratikno mengatakan, pentas orkes dangdut memang harus diatur.Namun demikian, aturan dapat keluar dari pihak terkait tidak hanyadari DPRD Jepara melalui Peraturan Daerah (Perda).

“Perda bisa mengaturnya, tetapi dalam Perda tentu saja bersifat global, tidak bisa detail untuk masalah jam tayang ataupun pakaian,” kataPratikno dari Partai Nasdem tersebut kepada MuriaNewsCom, Jumat(6/11/2015).

Menurut Pratikno, sikap Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin dinilaisudah tepat dengan mengeluarkan aturan teknis terkait pementasan orkesdangdut. Dengan begitu, harapannya tidak ada lagi peristiwa kekerasansampai menimbulkan korban jiwa dalam pementasan hiburan musik tersebut.

“Sikap Kapolres sangat bagus dan kami sebagai anggota dewan sangatmengapresiasi. Aturan detail tersebut bisa dikeluarkan melalui suratedaran (SE). Dengan begitu, aturan detail tersebut bisa menyesuaikandengan situasi dan kondisi berdasarkan penilaian pihak keamanan dalamhal ini kepolisian,” terangnya.

Dia menambahkan, pihak DPRD Jepara memang sudah lama ingin mengatursegala macam jenis hiburan yang ada di Kabupaten Jepara, termasukpementasan musik dangdut atau sejenisnya secara umum. Namun sampaisaat ini memang belum diwujudkan dalam bentuk Perda. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO).