KORBAN KEKERINGAN BLORA : Warga Berebut Air dengan Sapi

Warga mengambil air bersih di salah satu belik di Blora.

Warga mengambil air bersih di salah satu belik di Blora.

 

BLORA –  Kades Sembongin, Kecamatan Banjarejo, Blora, Muntoha menjelaskan, kesulitan warganya untuk mendapatkan air bersih, merupakan penderitaan tahunan.

“Setiap musim kemarau tiba, seluruh warga Desa Sembungin akan bergelut dengan sulitnya mendapatkan air bersih,” kata Muntoha.

Bahkan di musim itu, air jadi barang mewah. Pembuatan belik di dasar sungai merupakan andalan warga untuk mendapatkan air bersih.

”Di sini itu untuk mencari air bukan saja untuk memenuhi orang saja, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan minum ternak sapi, karena kebanyakan warga Sembungin memelihara ternak sapi,” jelas Muntoha.

Selama ini sudah banyak bantuan air dari banyak pihak. Hanya saja jumlah droping dengan kebutuhan warga sangat tidak seimbang, sehingga tetap saja warga Sembungin kesulitan air.

Baru-baru ini, Kodim 0721/Blora, dan beberapa pihak juga melakukan droping air bersih ke Desa Sembongin. Danramil Banjarejo, Kapten Inf Sukemi, menjelaskan, dari 20 desa yang ada di wilayah Kecamatan Banjarejo, sengaja dipilih Desa Sembungi karena tingkat kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih tergolong parah.

dengan sulitnya mendapatkan air bersih. (AKROM HAZAMI)