Jurus Ampuh Supaya Tak Boros Beras

Ilustrasi Beras

Ilustrasi Beras

 

GROBOGAN – Mahalnya harga beras seperti yang terjadi beberapa waktu lalu sebaiknya tidak perlu membuat risau masyarakat. Sebab, pada kenyataannya masih banyak sumber pangan lainnya yang bisa dijadikan alternatif.

“Mulai sekarang, ketergantungan terhadap beras ini harus bisa kurangi. Caranya, dengan sering mengonsumsi bahan pangan nonberas,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Grobogan Muhammad Hidayat.

Menurut Hidayat, di luar beras masih banyak bahan pangan yang bisa diolah menjadi makanan bergizi dan lezat. Misalnya, dari singkong, jagung, ubi, buah-buahan dan sayuran. Namun sejauh ini, bahan pangan yang mudah sekali ditemukan itu belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

“Dalam beberapa tahun ini, kami sudah beberapa kali menggelar lomba cipta menu masakan dari bahan nonberas. Dengan diolah dan dikemas sedemikian rupa, hasilnya ternyata cukup mengagumkan,” kata mantan Kabag Perekonomian itu.

Terkait dengan kondisi itu, Hidayat menyatakan, perlu dilakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat luas. Utamanya masyarakat pedesaan. Mereka harus kembali diajarkan untuk memanfaatkan bahan pangan yang tersedia melimpah di daerahnya.

”Kalau masyarakat sudah bisa mengolah bahan pangan ini dengan baik maka setidaknya bisa mengurangi ketergantungan akan beras,” imbuhnya. (DANI AGUS/AKROM HAZAMI)