Gara-gara Rel, Perbaikan Jalan Godong-Purwodadi Terhenti

 

Perbaikan Jalan Godong-Purwodadi terhenti sementara karena mengenai rel kereta api (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Perbaikan Jalan Godong-Purwodadi terhenti sementara karena mengenai rel kereta api (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Perbaikan dan pelebaran jalan raya Godong-Purwodadi sepanjang 5 km terpaksa tidak bisa selesai tepat waktu. Sebab, perbaikan jalan dengan dana Rp 23 miliar itu terhenti sejak beberapa hari lalu. Gara-garanya, proyek yang dikerjakan PT Kadi Internasional itu ternyata mengenai rel kereta api yang masih tertanam di pinggir jalan atau disisi sebelah utara.

Akibat adanya rel yang tercongkel alat berat itu menyebabkan pihak PT KAI keberatan dan meminta agar Dinas Bina Marga Provinsi Jateng menghentikan perbaikan jalan yang mengenai rel kereta api yang sudah cukup lama tidak difungsikan tersebut.

Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Wilayah Purwodadi Ali Huda ketika dikonfirmasi membenarkan jika untuk sementara perbaikan jalan itu terhenti. Hal itu disebabkan, adanya sedikit lahan perbaikan yang mengenai rel kereta api.

”Saat ini, perbaikan jalan Godong-Purwodadi belum bisa diselesaikan dan sementara dihentikan dulu. Kita masih berkoordinasi dengan PT KAI mengenai kesepakatan pemanfaatan lahan untuk perbaikan jalan tersebut. Kalau masalah administrasinya sudah selesai, perbaikan jalan itu akan dilanjutkan lagi,” kata Ali.

Menurut Ali, pada prinsipnya PT KAI melalui Daop IV membolehkan penggunaan lahan itu untuk perbaikan dan pelebaran jalan. Sebab, proyek itu juga digunakan untuk kepentingan masyarakat luas. Hanya saja, proses administrasi penggunaan lahan itu harus dilakukan terlebih dahulu. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)