Awas! Suhu yang Panas Bisa Sebabkan Kaki Pecah-pecah

ilustrasi kaki pecah-pecah (ISTIMEWA)

ilustrasi kaki pecah-pecah (ISTIMEWA)

 

KUDUS – Suhu panas dan kering yang melanda seperti saat ini, bisa berdampak terhadap kondisi tubuh yang kurang fit, terutama kulit yang mendapatkan masalah paling banyak, seperti pada daerah tumit kaki.

Masalah utama yang paling banyak dialami adalah kulit kaki yang pecah-pecah. Bahkan tidak hanya muncul guratan-guratan halus, namun sampai menghitam karena retak yang sangat parah. ” Secara medis, tumit pecah-pecah dikarenakan tekanan berat tubuh yang akan meluas kesamping, menjadi kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Akan semakin parah jika lingkungan sekitar dalam kondisi panas dan kering, ” ujar Yooshy Kartika Sari salah satu dokter estetika di Muntira Skincare Kudus.

Hal ini akan mempengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh ke dalam dermis bahkan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, tumit kering dan retak-retak juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.

”Untuk itu, usahakan kelembaban kulit tetap terjaga melalui pemenuhan makanan bergizi agar kulit bisa kembali normal. Atau dapat juga dengan melakukan perawatan tambahan kaki untuk mengembalikan kesegarannya,” katanya. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)