Ribuan Warga Ramaikan Kirab Budaya Haul Mbah Rogo Moyo

Kirab budaya dalam rangka haul Mbah Rogo Moyo. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Kirab budaya dalam rangka haul Mbah Rogo Moyo. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Ribuan warga Desa Kaliwungu  meramaikan kirab budaya, sebagai rangkaian haul Mbah Rogo Moyo di Dukuh Prokowinong, Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Minggu (25/10/2015).

”Kalau pesertanya ada ribuan,  sekitar 1.366 peserta. Jumlah tersebut bukan hanya dari dukuh Prokowinong saja, tapi dari masyarakat sekitar juga ikut memeriahkan kegiatan ini. Jadi jumlahnya cukup banyak,” kata Ketua Haul, Haryono.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan. Kali ini, merupakan tahun kelima dilakukan dengan meriah. Tahun lalu, katanya, kegiatan hanya dilakukan dengan cara mengarak kain luwur dan itupun dilakukan waktu malam hari, usai maghrib. Kemudian, yang mengikuti juga hanya kaum laki-laki saja.

Sedangkan untuk kirab kali ini, katanya, banyak pertunjukkan yang ditampilkan warga, di antaranya silat kejawen Patih Arjuna, Asemanten, permainan tradisional dan juga beragam hasil pertanian yang menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat di sana juga ikut diarak.

”Memang banyak budaya yang ditunjukkan dalam kirab ini. Apalagi, Mbah Rogo Moyo merupakan pecipta rumah adat Kudus. Warga ada yang menyajikan ritual Arang-arang Kambang, Joglo Kudus dan juga juga pertukangan, soalnya pendiri juga seorang tukang kayu,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan seperti ini sangat ditunggu oleh masyarakat. bukan hanya masyarakat Desa Kaliwungu saja, melainkan juga masyarakat desa lainnya. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)