GEMPA JEPARA : 4 Kasus Gempa yang Pernah Menakutkan Warga di Keresidenan Pati

Capture

 

JEPARA – Kejadian gempa yang melanda Jepara, Jumat (23/10/2015) dini hari benar-benar membekas di benak warga. Dengan kekuatan 5 SR, gempa mampu membangunkan warga yang sebagian besar masih terlelap.

Berikut kasus gempa yang pernah terjadi di Keresidenan Pati yang berasal dari data BMKG Pusat Jakarta:

1. Gempa bumi di Lasem tahun 1847
Gempa bumi ini berasal dari zona sumber gempa bumi Sesar Lasem. Sesar Lasem adalah sesar dengan kelurusan paling panjang, menempati suatu depresi dengan sumbu yang berarah barat daya-timur laut. Ciri morfologi lain yang mengindikasikan keberadaan sesar ini adalah sebuah pola ke lurusan/lineament dari selatan Semarang ke arah timur laut melewati Lasem dan menerus ke Laut Jawa.

2. Gempa bumi Pati pada 1890
Gempa ini memiliki radius kerusakan sekitar 500 km. Gempa ini dahsyat karena berkekuatan 6,8 SR.

3. Gempa bumi di Kudus pada tahun 1877
Gempa yang terjadi di Kudus ini tidak banyak sumber yang menjelaskan. Namun setidaknya memberikan pengetahuan kepada warga setempat bahwa wilayahnya juga tak aman dari gempa.

4. Gempa bumi di Jepara pada tahun 2015
Gempa ini memiliki kekuatan 5 SR yang terjadi pada Jumat (23/10/2015). Tepatnya di kawasan Semenanjung Muria, Jepara. Berupa gempa bumi tektonik. Gempa bumi berpusat di koordinat 6,39 Lintang Selatan dan 110,91 Bujur Timur. Tepatnya pada jarak 26 kilometer arah timur laut kota Jepara pada kedalaman 14 kilometer.(AKROM HAZAMI)