Demi I Love Jepara, Siswa Peragakan Tenun Troso dan Batik

Siswa memperagakan batik khas Jepara dalam kegiatan I Love Jepara, Fashion, Batik, and Tenun Festival 2015. (MuriaNewsCom/

Siswa memperagakan batik khas Jepara dalam kegiatan I Love Jepara, Fashion, Batik, and Tenun Festival 2015. (MuriaNewsCom/

 

JEPARA – Ratusan model cilik di Kabupaten Jepara mengikuti fashion batik dan tenun, di gedung wanita Jepara, Sabtu (24/10/2015). Lomba ini berlabel “I Love Jepara, Fashion, Batik, and Tenun Festival 2015.

Ketua panitia yang juga Ketua Lembaga Pelestari Seni Ukir, Batik, dan Tenun Jepara, Hadi Priyanto, mengatakan, ratusan peserta sebelumnya telah memastikan keikutsertaan pada even ini.

“Semua peserta ada sekitar 300 lebih yang memastikan ambil bagian. Mereka terbagi dalam lima kategori,” kata Hadi.

Pada kategori TK/PAUD, terdapat 72 peserta yang mendaftarkan diri. Selanjutnya kategori SD/MI kelas 1 – 3, ada 15 pendaftar. Sementara kategori SD/MI kelas 4 – 6, diikuti 14 peserta.

“Selanjutnya pada kategori SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, ada 181 pendaftar. Sedangkan sisanya berasal dari kategori mahasiswa/umum”, katanya.

Sebagai even yang bertujuan mengangkat potensi daerah agar memiliki spektrum ekonomi yang lebih kuat, panitia menyaratkan busana yang dipakai harus berbahan tenun Troso atau batik motif Jepara. Peserta yang bisa ambil bagian pun, hanya mereka yang berdomisili di Jepara.

“Busana yang dilombakan memang kami harap menggambarkan keagungan potensi tenun ikat Troso dan batik motif Jepara. Dengan even seperti ini potensi daerah akan semakin terpromosikan,” harapnya.

Dalam jadwal yang ditentukan panitia, fashion show untuk tingkat TK/PAUD dan SD akan dilaksanakan mulai Sabtu jam 10 pagi Sedangkan kategori SLTP/SLTA serta mahasiswa dan umum, akan dilaksanakan mulai jam 19.30 malam nanti. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)