50 Persen Warga Desa Margotuhu Pati Geluti Usaha Pembibitan Lele

Jumadi tengah memberikan makan lele yang masih berusia seminggu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Jumadi tengah memberikan makan lele yang masih berusia seminggu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Siapa sangka, desa kecil bernama Margotuhu Kidul yang berada di Kecamatan Margoyoso, Pati, menjadi sentra pembibitan lele terbaik kedua di Jawa Tengah.

Padahal, desa tersebut belum lama merintis usaha di bidang budi daya pembibitan lele. Dengan waktu tak lebih dari lima tahun, hampir 50 persen penduduknya menggeluti usaha pembibitan lele.

“Dari 547 KK, ada sekitar 250 KK yang budi daya pembibitan lele. Semua sudah ada bakul yang ngambil dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Tegal bahkan sampai Jawa Timur,” ujar Jumadi, warga setempat kepada MuriaNewsCom, Sabtu (24/10/2015).

Jika kita berkunjung ke Desa Margotuhu Kidul, memang sekilas tidak menemukan kolam pembibitan lele. Begitu melihat belakang rumah, kata dia, hampir semua warga budidaya pembibitan lele.

“Desa ini pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai pemenang kedua Kategori Unit Pembenihan Rakyat. Ke depan, desa ini diajukan untuk maju di tingkat nasional,” tandasnya. (LISMANTO/AKROM HAZAMI)