Budi Daya Sayur di Atas Kolam Lele Dikembangkan di Gembong Pati

Rusmani tengah menyirami tanaman sayur yang ia tanam di atas kolam lele. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Rusmani tengah menyirami tanaman sayur yang ia tanam di atas kolam lele. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Budi daya lele dan tanaman holtikultura sekaligus tak harus menggunakan dua lahan yang berbeda. Kolam lele pun, bisa dijadikan tempat untuk menanam tumbuhan holtikultura.

Ini yang dilakukan Rusmani (43), warga Desa Kedungbulus, Gembong, Pati. Sejumlah kayu dibentuk semacam rakit dengan posisi menjorok ke dalam kolam lele.

Di atas tempat itulah, Rusmani meletakkan ratusan polibag yang ditanami beragam sayuran, mulai dari sawi, bayam, daun bawang, seledri, hingga slada yang identik sulit hidup di daerah bersuhu panas. Tak ayal, sayuran yang ditanam benar-benar subur karena kelembaban bisa terjaga dari kolam lele.

“Selain bisa memanfaatkan lahan sempit, sayuran yang ditaruh di atas kolam lele bisa mendapatkan kelembaban lebih sehingga membuat tanaman subur. Terlebih, air kolam lele juga bisa menyuburkan tanaman,” ujar Rusmani kepada MuriaNewsCom, Kamis (22/10/2015).

Selain sayuran, pada bagian tengah kolam juga ditanami jeruk pamelo yang bisa hidup subur di kawasan Gembong. “Sementara ini, kami manfaatkan satu kolam lele saja. Ke depan, kami akan kembangkan tanaman sayuran di enam kolam lele lainnya,” pungkasnya. (LISMANTO/AKROM HAZAMI)