SMK Cordova Pati Meriahkan Hari Santri dengan Kegiatan Ekspo Produk Santri

Suasana Cordova Expo yang juga diikuti dari sejumlah ponpes dan SMK di Jepara turut membuka stan pameran. (MuriaNewsCom)

Suasana Cordova Expo yang juga diikuti dari sejumlah ponpes dan SMK di Jepara turut membuka stan pameran. (MuriaNewsCom)

 

PATI – Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Hijriah 1437 H dan Peringatan Khaul Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati, serta bertepatan dengan Peresmian Hari Santri Nasional tangal 22 Oktober,  SMK Cordova Pati mengadakan kegiatan ”Cordova Expo 2015”. Kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan sosial dan budaya untuk masyarakat Pati dan sekitarnya selama tiga hari, yaitu tanggal 19-21 Oktober 2015 di kompleks SMK Cordova Kajen Pati.

Kepala SMK Cordova Muhammad Niam Sutaman menjelaskan kegiatan yang diadakan meliputi Pengobatan Gratis, Pasar Murah, Expo Produk SMK Pesantren, Aneka perlombaan, workshop penulisan buku, wokshop desain grafis, dan Festival Film Pendek dan Kontes Modifikasi Sepeda Motor. Kegiatan ditutup dengan doa bersama dan pentas musik Balasyiq.

”Kegiatan tersebut dibuka oleh KH Ahmad Zacki Fuad Abdullah selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Zahra Hajain dan diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Bapak Sarpan. Pada acara pembukaan juga dilaksanakan istighosah bersama, yang dipimpin oleh Habib Farid Assegaf dari Jepara,” paparnya.

Khaul Waliyullah Syekh Ahmad Mutamakkin yang jatuh setiap 10 Muharram, merupakan even keagamaan dan budaya tahunan yang digelar di Desa Kajen, Margoyoso, Pati. Even tersebut dikenal dengan perhelatan Suranan. Seluruh lembaga pendidikan dan pesantren di Kajen, Pati dan sekitarnya menggelar kegiatan baik yang bersifat keagamaan, ilmiah maupun yang bersifat kesenian dan budaya. Karnaval Kajen menandai puncak kegiatan Suranan yang bertepatan dengan prosesi penggantian kelambu makam Mbah Ahmad Mutamakkin.

Waliyullah Mbah Ahmad Mutamakkin adalah salah seorang sosok perintis dakwah Islam di Pati dan merupakan nenek moyang tokoh-tokoh ulama Nahdlatul Ulama yaitu KH Abdullah Salam dan KH MA Sahal Mahfud, Kajen, Pati. Perjuangan dakwah Mbah Ahmad Mutamakkin kini diteruskan oleh anak cucu beliau khususnya di bidang pendidikan dan SMK Cordova merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dirintis KH Ahmad Zaki Fuad Abdullah yang merupakan keturunan kedelapan dari Mbah Ahmad Mutamakkin.

Berkaitan dengan kegiatan meramaikan Hari Santri, SMK Cordova Pati Sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis pesantren, ikut bergembira dan memberikan apresiasi terhadap disahkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri  oleh Presiden RI beberapa waktu lalu. Puncak kegiatan Cordova Expo yang jatuh pada malam 22 Oktober 2015 akan diisi dengan tahlil bersama merayakan peresmian Hari Santri tersebut dan dilanjutkan dengan pentas musik Balasyiq. (TITIS W)