Pemdes Megawon Tetap Gerilya Pantau Perkembangan UMKM

Perangkat Desa Megawon saat memantau perkembangan UMKM di desa tersebut (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Perangkat Desa Megawon saat memantau perkembangan UMKM di desa tersebut. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Untuk mendukung kemajuan perekonomian warganya, Pemerintah Desa Megawon, Kecamatan Jati, terus memantau kemajuan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayahnya.

Dalam hal ini, pihak desa langsung menerjunkan perangkat desa beserta ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar pelaku usaha bisa mendapatkan arahan serta bimbingan.

Kepala Desa Megawon Nurasag menjelaskan, kegiatan tersebut bukan berarti pemdes ikut campur dalam manajemen usaha kecil yang ada di desa tersebut. Intinya, katanya, pihak desa harus tahu kemajuan tersebut. Sehingga para pelaku usaha bisa terdata dalam program Bupati Kudus terkait kredit usaha produktif (KUP).

Dirinya mengatakan, meskipun di desanya beberapa usaha kecil, seperti halnya, usaha pembuatan sangkar burung sudah realtif lancar, namun, desa tetap memiliki peran aktif agar usaha tersebut terus bertambah maju.

“Setidaknya bila kita pantau, maka sekitar 115 pengusaha sangkar burung yang ada di Megawon, khususnya di RW 2 bisa mendapatkan informasi terhadap program pemerintah kabupaten. Sehingga, di saat mereka nantinya didata untuk program tertentu, maka bisa langsung bersiap-siap menyiapkan persyaratannya,” paparnya. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)