Hayati Lakon, Siswa SMAN 2 Bae Ini Berubah Jadi Keong Mas

Siswa SMA 2 Bae saat usai jalani shooting drama Keong Mas di Museum Kretek Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Siswa SMA 2 Bae saat usai jalani shooting drama Keong Mas di Museum Kretek Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Sembilan siswa SMAN 2 Bae Kudus pagi tadi antusias beradu peran di Museum Kretek Kudus, dengan membawakan legenda dari tanah Jawa bertajuk Keong Mas. Salah satu tokohnya pun sangat menghayati lakon menjadi sosok Keong Mas.

Salah satu siswi SMAN 2 Bae Kudus Faneshia Febrina Aulia Sari mengatakan, dirinya beserta ke 8 rekannya memainkan lakon legenda Keong Mas. Kegiatan itu merupakan tugas dari mata pelajaran bahasa Jawa dan Teknik Informasi Komunikasi (TIK).

Dalam kegiatan itu, timnya memilih rumah adat Kudus yang ada di Museum Kretek untuk dijadikan area shooting. ”Sebenarnya ini kegiatan shooting drama selama 15 menit. Karena hasilnya kami rekam dalam bentuk video dan dikumpulkan lewat CD. Setelah CD nya jadi, maka kami kumpulkan kepada guru bahasa Jawa dan TIK,” paparnya.

Faneshia melanjutkan, dalam penilaian shooting tersebut yang dinilai yaitu mimik muka, dialog, dan kostum. Sedangkan untuk nilai TIK video shooting penilaian pada berhasil tidaknya siswa mengunggah videonya ke media sosial Youtube.

Dalam kegiatan ini, siswa yang menggelar shooting tugas mata pelajaran bahasa Jawa dan TIK tersebut iuran Rp 800 ribu per kelompok. ”Untuk kegiatan ini rata-rata per orang beriuran Rp 80 ribu. Namun iuran tersebut untuk shooting hingga pasca shooting yaitu mengumpulkan tugas dalam bentuk CD,” imbuhnya. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)