Museum RA Kartini Bakal Jadi Pusat Info Budaya

Seorang pengunjung museum Kartini sedang melihat koleksi museum. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Seorang pengunjung museum Kartini sedang melihat koleksi museum. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pemkab Jepara melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menginginkan museum RA Kartini menjadi pusat informasi budaya di Jepara. Hal itu diungkapkan Kabid Kebudayaan pada Disparbud Jepara, Amin Ayahudi.

Menurut Amin, museum Kartini Jepara diproyeksikan akan menjadi museum dengan fungsi yang lebih luas lagi. Tidak hanya sekadar menjadi tempat menyimpan dan memamerkan memorabilia RA Kartini, namun juga dikembangkan menjadi sebuah pusat informasi budaya Jepara. Beberapa fasilitas dijanjikan akan dibangun oleh Pemkab Jepara untuk mewujudkan visi ini, secara bertahap.

”Visi tersebut memang memerlukan kerja keras dan pembenahan tidak sedikit,” kata Amin Ayahudi kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut Amin mengemukakan, selama ini Museum Kartini Jepara hanya identik dengan sosok Kartini Jepara. Hal ini sekaligus menjadi sebuah semacam batasan yang secara tidak langsung membuat pengembangan museum satu-satunya di Jepara ini menjadi susah. Pasalnya, koleksi benda yang ada sulit untuk ditambah.

”Karena itu, kami berpendapat Museum RA Kartini ini harus bisa dirubah dan dikembangkan sebagai sebuah tempat untuk mendapatkan informasi tentang budaya di Jepara. Nanti akan dibangun secara bertahap mengenai sarana dan prasarananya,” katanya. (WAHYU KZ/TITIS W)