PPL : Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo Bisa Bikin Bulir Padi Lebih Berisi

Petani di Kecamatan Undaan sedang menanam padi (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Petani di Kecamatan Undaan sedang menanam padi (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Salah satu penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang ada di wilayahKecamatan Undaan Alfian Eko mengatakan, tanam padi dengan sistem jajar legowo bisa membuat bulir padi lebih berisi.

“Bulir padi lebih berisi, lantaran penyemprotan, pemupukan, sertapengobatan terhadap tanaman itu bisa diransum oleh bibit tesebut.Sebab, bibit padi itu lebih renggang, lebih tersinari matahari denganmaksimal. Karena, dalam sistem ini memang ada pengaturan jarak yang ditentukan,” katanya, Kamis (8/10/2015).

Ia katakan, sistem jajar legowo sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.

“Kita juga sudah membuktikan sistem tersebut disalah satu lahanperangkat Desa Terangmas, dan alhamdulillah perangkat desa tersebutbilang, bahwa disaat panen kemarin bisa baik, dibanding dengan tahunsebelumnya yang masih menggunakan sistem lama yakni tegel,” paparnya.

Hal senada juga dikatakan salah satu perangkat Desa TerangmasNgatno. “Jajar legowo ini bisa membuat padi lebih berisi.Sebab, penyerapan pupuk, obat semprot bisa maksimal,” ungkapnya. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)